roniner


dua bulan sudah aku ikut program ronin di NF mampang. awalnya sedih, kenapa harus jadi roniner? kenapa tahun kemarin aku gagal umb, snmptn, dan usm stan? sebodoh itukah diriku sampai gagal di ujian-ujian tersebut?

teringat jelas ketika aku melihat hasil pengumuman di layar komputer. nanar. jantungku berdetak lebih cepat dari biasanya. badanku terasa panas. dunia terasa menghimpitku tanpa ampun. bagaimana ini? apa yang harus kukatakan pada mamaku?

kutenangkan diriku. kuyakinkan bahwa semua akan baik-baik saja. kuberanikan diri untuk berkata pada mama bahwa aku gagal dalam ujian. aku ingin meminta maaf. tapi apa yang mamaku katakan?

“gapapa ni, yang penting uni udah berusaha”

benteng pertahananku hancur sudah. kumenangis sambil mencium tangan wanita itu. mama malah menghiburku. ma, maafkan aku…

hari demi hari berlalu. aku sadar, apa yang baik menurutku belum tentu baik menurut Allah. mungkin jurusan yang kupilih kurang baik untukku. mungkin universitas yang kupilih bukan tempat yang pas untukku. atau malah, Allah sedang mempersiapkan yang terbaik untukku. aku juga belajar mengevaluasi diri. sudah maksimalkah aku berusaha? sudah ikhlaskah aku dalam belajar dan berdoa?

Allah, bersamaMu, tak ada jalan buntu…

(catatan hati di setiap sujudku, Asma Nadia-dkk)

di tempat ronin, aku mendapat energi baru. dari teman-teman, kakak-kakak NF, dan atmosfer tempat belajar itu sendiri. semangatku bangkit lagi. sedihku mulai terkikis. Allah maha adil, Dia tahu yang terbaik untuk hambaNya.

aku pasti berada di tempat itu, dimana hatiku merasa nyaman didalamnya.

2 thoughts on “roniner

Leave a Reply

