Teknologi Pendidikan, apaan sih?


Logo Teknologi Pendidikan UNJ Sudah lima hari mengikuti kegiatan perkuliahan, sudah banyak pula tugas yang menumpuk.    Semangat-semangat! Kawan, bagi kamu-kamu yang masih asing mendengar jurusan teknologi pendidikan, saya sebagai mahasiswa baru jurusan teknologi pendidikan, mau sedikit bagi info nih…

Teknologi pendidikan adalah kajian dan praktek untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai. Istilah teknologi pendidikan sering dihubungkan dengan teori belajar dan pembelajaran. Bila teori belajar dan pembelajaran mencakup proses dan sistem dalam belajar dan pembelajaran, teknologi pendidikan mencakup sistem lain yang digunakan dalam proses mengembangkan kemampuan manusia.

Itu pengertian teknologi pendidikan menurut wikipedia. Sebenarnya ada berbagai macam pengertian teknologi pendidikan. Tapi (menurut saya), inti dari ilmu teknologi pendidikan adalah membuat kegiatan belajar menjadi semakin menyenangkan.

Gak kebayang kalau harus “berteman” sama fisika hanya dengan membaca bukunya, ngerjain soal, dan mendengarkan “ceramah” dari guru. Di TP (Teknologi Pendidikan), kita akan belajar bagaimana membuat fisika menjadi selezat cokelat. Salah satunya dengan membuat komik fisika, atau software seperti “pesona fisika”, dll. Bagi yang suka fotografi, masuk TP (insya Allah) gak bakal nyesel. Karena kita akan mempelajarinya juga. Selain hobby tersalurkan, bisa ikut memajukan pendidikan di Indonesia pula😉

Bagaimana, sudah ada gambaran mengenai teknologi pendidikan?

Awalnya saya sempat ragu dengan jurusan ini. Mau belajar di TP? Kalau lulus nanti jadi apa? Kalau PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) kan jelas, nanti jadi guru SD. Tapi kawan, sepertinya sudah menjadi realita kalau lulusan ilmu pertanian malah bekerja di bank. Lulusan TP juga begitu, selain bisa menjadi guru, ada juga kakak senior yang bekerja di stasiun televisi. Dimana ada kemauan, disitu ada jalan. Jadi entrepreneur juga bisa😀

-Yang penting bukan siapa kita, tapi apa yang bisa kita berikan-

13 thoughts on “Teknologi Pendidikan, apaan sih?

  1. Yup betul da.. yang penting berusaha dulu sebelum bicara ^^

    sip

    jangan katakan tidak sebelum mencoba.. (dalam hal-hal yang bermanfa’at)

    ya.. ^^

    saya bingung da.. kalo saya udah lulus mau jadi apa ya..? ^^

    jadi apa saja, yg bermanfaat untuk agama, bangsa dan negara ^^

  2. Y, sebelumnya sy jg bingung, ap itu TP? dan mau kemana nantinya setelah selesai dari Kul TP? tp ternyta setelah sy pelajari dn memahami selama tiap pelajaran dan dr tgs2 yg d berikn alhmdlh saya bs mengerti walaupn blm sepenuhnya.

    alhamdulillah.. semangat ya mbak🙂

  3. assalamualaikum, ka, aku mahasiswa baru tahun2012 ini ka,..
    mau info info tentang TP doong ka,..
    makasiih banyak ya kaa,..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s