Maret 2010, Islamic Book Fair Siap Digelar


book JAKARTA–Islamic Book Fair (IBF) atau pesta buku muslim siap digelar bulan Maret 2010 nanti. IBF  2010 merupakan pagelaran pesta buku kali ke-9 semenjak pertama kali digelar tahun 2010 lalu. Acara sendiri akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta.

“Alhamdulillah untuk kali ke-9, Islamic Book Fair akan diselenggarakan. Ini merupakan momen yang mungkin ditunggu-tunggu umat islam guna memperdalam pengetahuan Islam melalui buku,” tukas wakil Ketua Ikatan Penerbit Indonesia, M Anis Baswedan kepada Republika Online di Jakarta, Rabu (21/10).

Lebih jauh dia menjelaskan, tak hanya masyarakat saja yang mungkin begitu antusias, dikalangan penerbit buku-buku islam yang berada didalam payung IKAPI maupun diluar IKAPI begitu antusias mendaftarkan diri untuk turut ambil bagian dari pelaksanaan IBF. “Sudah ratusan lebih penerbit yang sudah memesan tempat untuk ambil bagian mengisi ruang-ruang yang tersedia di istora Senayan,” tukasnya.

Bahkan menurut pengakuan Anis, terdapat beberapa penerbit yang harus rela dikurangi jatah ruangnya guna memberikan kesempatan kepada penerbit-penerbit baru yang ingin ambil bagian. Total ratusan ruang ataupun stand yang sudah terisi. “Rabu kemarin, penerbit yang ingin ambil bagian sudah begitu ramai. Hari ini saja, masih banyak yang mendaftar,” tegasnya.

Bahkan pihaknya, berencana memanfaatkan segala ruang yang ada disekitar Istora untuk dimanfaatkan apabila memang ruang ada tidak mencukupi kebutuhan lagi.

Hal senada juga diungkapkan ketua Panitia IBF 2010, Iwan Setiawan. Dikatakan Iwan, jumlah penerbit yang berencana ambil bagian kian membludak, lebih banyak dari jumlah penerbit yang turut serta dalam IBF tahun 2009. “Para penerbit buku-buku islam mulai menyadari potensi IBF terhadap produk-produk mereka. Maka tak heran, IBF dimata penerbit merupakan ajang yang tepat untuk memperkenalkan diri,” ungkapnya.

Tak hanya penerbit yang menangguk keuntungan dengan keberadaan IBF. Bahkan, kata Iwan, Agen, toko buku maupun unit-unit usaha yang berkaitan dengan pernak-pernik keislaman juga merasa IBF merupakan even strategis bagi mereka.

Sebab itu, masih Iwan, pihaknya berjanji memberikan layanan yang representatif agar memenuhi segala hal yang dibutuhkan para stakeholder Islamic Book Fair nanti. “Kami tentu menginginkan keberlangsungan IBF 2010 bisa seperti Kairo Islamic Book Fair yang mampu merangkul tidak hanya penerbit asal Mesir tapi juga negara-negara lain,” tukasnya.

Sebagai langkah strategis, Ikapi melalui mitra-mitra pendukungnya macam Bank Syariah Mandiri dan Penerbit Republika menciptakan nuansa yang lebih interaktif antara penerbit dan umat.

Sebagai contoh, pihaknya ingin menciptakan ruang khusus bagi anak dengan nuansa-nuansa Islam. Dengan demikian diharapkan para orang tua bisa dibantu memperkenalkan sejak dini hal-hal keislaman kepada anak-anaknya.

Tak cukup disitu, ruang khusus kalangan perempuan muslimah juga ada. Iwan begitu menyadari keberadaan perempuan muslimah begitu nyata dikalangan umat islam. Sebabnya, berbekal tahun-tahun kemarin pihaknya juga memperhatikan kebutuhan para perempuan muslim.

Selain itu pula, IBF juga menyiapkan program acara-acara menarik yang mengundang ulama-ulama baik dalam maupun luar negeri. Sejauh ini, cendikiawan asal Syria semisal Profesor Dr. Ratib Nabulshi dan Diaz sudah menyatakan kesediaannya untuk hadir. Sementara, ulama-ulama lain akan menyusul kemudian. Khusus dalam negeri akan hadir, AA Gym, Ustad Jefry al-Bukhari, Ustad Arifin Ilham dan lainnya.

Iwan sendiri menargetkan 500 ribu pengunjung selama 10 hari pelaksanaan IBF. Tahun lalu, Iwan mencatat lebih dari 300 ribu pengunjung yang hadir di Istora Senayan, Jakarta.

Jangka Panjang

Usai krisis 1998, buku islam mulai menampakan batang hidungnya sebagai bagian dari upaya mencerdaskan umat. Kemajuan tersebut tercermin dalam pelaksanaan IBF selama satu darsawarsa mampu mendatangan pengunjung secara signifikan.

Menurut Iwan, setidaknya ada beberapa alasan mengapa ajang IBF menjadi prestisius. Pertama adalah IBF merupakan bukti nyata kehadiran buku-buku islam yang baik secara tampilan dan berkualitas secara isi.

Kedua, IBF dalam jangka panjang akan menciptakan daya saing yang kompetitif terhadap para penerbit sehingga memunculkan standar kualitas dengan sendirinya. Ketiga, banyaknya tamu dari luar negeri akan menciptan jalinan kerjasama antara penerbit dalam negeri dan luar negeri. Terakhir, penerbit-penerbit kecil mampu menunjukan eksistensinya kepada umat dengan sajian produk-produk buku bermutu dan berkualitas.

Tak hanya itu, masih Iwan menjelaskan, IBF merupakan wadah yang tepat guna membentengi umat islam dari pengaruh buku-buku barat yang juga berbicara tentang islam. “Kami sadari, kehadiran buku-buku islam dalam IBF memegang peranan penting untuk menciptakan citra islam yang senantiasa digoyang baik di dalam negeri maupun luar,” tukasnya.

Saat ini, kata Iwan, perimbangan komposisi buku islam dan buku umum kini berkisar antara 2:3 atau 40 %: 60% dari total buku yang beredar di tanah air. “Buku umum memang tidak bisa digeser begitu saja. Sebab, keberadaan buku umum merupakan hal yang wajib untuk dimiliki sebagian besar masyarakat,” tuturnya.

Oleh karena itu, kata dia, keberadaan IBF nantinya bisa memiliki peran yang lebih luas lagi dimasa mendatang. Terutama hal yang menyangkut hal-hal keislaman. cr2/rin

source:

http://www.republika.co.id/berita/84073/Maret_2010_Islamic_Book_Fair_Siap_Digelar

5 thoughts on “Maret 2010, Islamic Book Fair Siap Digelar

  1. JAKARTA–Islamic Book Fair (IBF) atau pesta buku muslim siap digelar bulan Maret 2010 nanti. IBF 2010 merupakan pagelaran pesta buku kali ke-9 semenjak pertama kali digelar tahun 2010 lalu. Acara sendiri akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta.

    Pertama kali digelar-nya kapan da?

    hm… kurang tau juga ya…

  2. Dimana alamat or no telp yg bisa dihubungi untuk partisipasi dalam penyewaan stand non penerbit,misalnya baju muslim atau makanan

    wah maaf pak, saya kurang tau… mungkin bapak bisa search di google

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s