“Assalamualaykum Bu Haji!”


Setiap muslimah berjilbab, rasanya pernah mengalami kejadian seperti ini: saat sedang berjalan di tempat umum ada mas-mas entah berantah yang mengucapkan kalimat: “Assalamualaykum Bu Haji!”

Sayapun merasakan hal demikian. Awalnya saya tidak suka, malah bisa marah kalau mood sedang tidak bagus. Rasanya ingin mendoakan hal-hal buruk akan terjadi kepada si mas-mas atau paling banter pasang tampang jutek dan nyuekin aja. Respon si mas-mas nya pun berbeda. Ada yang terus ngedumel sampai saya menjawab, ada yang menyindir dan ada yang (saya rasa) keterlaluan. Selain main keroyokan (sedang kumpul bersama teman-temannya), si mas-mas akan meledek saya. Dan mereka akan tertawa setelahnya. Jantan sekali.

Saya pribadi akan menjawab dengan suara super duper kecil (yang penting dijawab kan ya😛 ), atau akan menjawab sampai berada jauh dari mas-mas baru dijawab. Kalau mood sedang bagus ya jawab di tempat😀
Walau katanya mereka mendoakan kita, tapi apakah mendoakan harus terang-terangan diucapkan?😛

Alasan mereka berbuat demikian berbeda. Menurut analisis asal-asalan saya, ada faktor-faktor penyebab tindakan ini terjadi:

1. si mas-mas nyari perhatian
2. si mas-mas nyari perhatian
3. si mas-mas nyari perhatian

Tapi belakangan ini saya sudah lumayan kebal menanggapi kasus tersebut. Kalau mereka mengucapkan kalimat sakti itu entah dengan tujuan apa, saya akan mengamini dalam hati (iyalah… siapa yang tidak mau naik haji?). Dan semoga si mas-mas jika dia seorang muslim bisa naik haji juga ^^

4 thoughts on ““Assalamualaykum Bu Haji!”

  1. Pengalaman yg hampir sama dengan yg saya alami niy. Pernah pas saya pergi ke pasar, penjual ayam penjual ikan, pada nawarin : “Bu haji, beli ayam kah bu haji?”.. saya lihat yag pakai kopiah kebagian dipanggil Pak haji juga. Kalau yg ini sih gayanya menyanjung biar dibeli barangnya heheh.
    Ya diamini saja. amin.🙂 moga2 jadi haji beneran.🙂
    salam hangat Mbak dida..

    salam hangat juga Ummu Kamilah🙂

  2. Assalaamu’alaikum

    Salam kenal dan terima kasih sudah berkunjung ke laman saya. alhamdulillah.. itukan doa ya Mbak dida. Mudahan ada perkenan Allah dari sapaan tersebut sebagai menguji kesabaran kita. kan semuanya datang dari Allah swt. Salam mansi selalu dari saya di Bangi, Malaysia.

    waalaykumsalam warahmatullahi wabarakatuh. terima kasih atas kunjungannya bunda🙂 salam hangat dari Jakarta, Indonesia.

Leave a Reply

