Berlibur Ke Penjara


Bulan ini adalah musim liburan. Banyak yang merencanakan untuk pergi ke pantai, puncak, kebun binatang, tapi.. adakah yang merencanakan untuk berlibur ke penjara? ^^

Kawan, saya termasuk orang yang percaya bahwa Allah telah menetapkan segala sesuatu pada hambaNya secara adil. Bahwa Allah telah mempunyai suatu tujuan tertentu yang mungkin oleh hambaNya dipandang buruk, namun ternyata banyak kebaikan didalamnya.

Salah satu puzzle kehidupan saya adalah mempunyai beberapa (beberapa? ya…! karena lebih dari satu) teman yang pernah dijebloskan ke penjara. Saya pun sempat beberapa kali mengunjungi penjara yang ada di Jakarta untuk bertemu mereka. Sebuah pengalaman yang tidak bisa dilupakan.

Ternyata hukum di negeri ini masih… Well, what should I say? Dari obrolan bersama teman maupun sesama pengunjung penjara, bahkan berdasarkan pengamatan sendiri, sepertinya hukum di negeri ini masih perlu terus dilakukan perbaikan.

Saya melihat bahwa narapidana yang mempunyai “rezeki lebih” mempunyai ruang tahanan yang lebih baik daripada napi yang pas-pasan. Ada juga napi yang (berdasarkan perbincangan bersama sesama pengunjung) salah ditangkap. Yap, karena satu dan lain hal, orang yang berada di sekitar tempat kejadian perkara pun bisa kena getahnya. Padahal ia tidak bersalah.

Sedihnya, ternyata masih banyak generasi penerus bangsa yang terlibat narkoba. Mereka datang dari berbagai golongan. Entah untuk alasan apa mereka memakainya. Apakah untuk iseng, agar terlihat keren, coba-coba, atau bentuk perlawanan kepada orangtua (kurang mendapat perhatian).

Tempat para tahanan pun tidak bisa dibilang nyaman. Yaiyalah Da, emang di hotel mau nyaman? Tapi saya berharap pihak yang berwenang lebih memerhatikan masalah ini. Penjara juga tidak selamanya buruk, ada napi yang setelah bebas menjadi lebih baik dan shaleh, meskipun ada juga yang tambah ganas.

Wah, berlibur ke penjara? Ada-ada aja ya ^^ Yah… hanya sekadar ide iseng yang tiba-tiba muncul di tengah hari.

-Bahkan kutemukan cahaya di penjara-

8 thoughts on “Berlibur Ke Penjara

  1. ide yang menarik untuk direalisasikan dida
    walau tak lazim tapi Insya Allah bermanfaat

    ide lain: ke panti jompo, ke rumah sakit jiwa.. mereka sebenarnya butuh kita waalu hanya sekedar untuk menjabat tangan, tapi bundo sendiri belum melakukannya.

    ini ide iseng aja bundo🙂

  2. Hmm, nice idea … tapi yah jujur masih gak ngerti sbenernya gmana sih kondisi di penjara. Ada yang bilang terlalu parah, ad ayang bilang klo anggapan orang sekarang tuh terlalu “lebay”

    yg penting berbagi deh … ^^

    ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s