Maumu Apa, Malaysia?


Yap.. yap.. Saya memang tertarik dengan hubungan kedua negara ini: Indonesia dan Malaysia. Mengapa negara serumpun ini terlihat bermusuhan? Sampai lahir suatu gebrakan bernama Indonesia Unite? Mengapa begini, mengapa begitu? Akhirnya terbit juga buku yang meringankan beban keingintahuan saya yang berjudul: “Maumu Apa, Malaysia?” Karangan Genuk Ch Lazuardi, seorang warga negara Indonesia yang menetap di Kuala Lumpur.

Sebelumnya saya telah membaca buku berjudul A Children’s History of Malaysia karya Tunku Halim. Kalau buku itu asli dibuat oleh warga negara Malaysia sendiri. Didalamnya berisi sejarah negara Malaysia yang ternyata cikal bakalnya berasal dari sebuah kerajaan di Palembang. Kemudian berkembang dan berkembang hingga sampailah informasi tentang negeri sembilan yang ternyata banyak orang minang yang berada disana, serta informasi lain bisa didapat dari buku itu. Lumayanlah mendapat pengetahuan terlebih dahulu sebelum menerima informasi dari media secara mentah-mentah.

Kembali ke buku MAM (Maumu Apa, Malaysia?). Mungkin bagi orang Indonesia yang tidak suka dengan Malaysia hingga join group di facebook: We Hate Malaysia! atau yang sejenis bisa membaca buku ini. Mungkin juga bagi yang bencinya sudah kelewatan bisa kecewa dengan buku ini. Karena pernyataan tidak selalu sama dilapangan. Buku ini melihat sisi lain dari apa yang diberitakan di Indonesia dengan apa yang diberitakan di Malaysia dengan sudut pandang seorang WNI yang bersuamikan seorang wartawan Antara news dan beliau sendiri seorang jurnalis.

Apakah benar Malaysia menayangkan dengan sengaja tari pendet di iklan Visit Malaysia-nya? Lalu apa hubungannya dengan Discovery Channel? Mengapa rendang yang jelas-jelas makanan asli Indonesia juga diklaim oleh mereka? Juga tentang TKI Indonesia yang dicap 3D (Dirty, Difficult and Dangerous). Hm… kecewa atau marah boleh, dan saya rasa wajar. Namun ada baiknya perasaan kecewa itu dialihkan dengan mencari latar belakangnya, bukan hanya menerima kesimpulannya saja (maaf bagi yang kurang berkenan).

5 thoughts on “Maumu Apa, Malaysia?

  1. malaysia itu indonesia banget kok, orang mayoritas keturunan indonesia bahkan ada mentri yang bahasa jawanya masih medog dan ada juga yang mentri keturunan bugis dan mereka banga keturunan indonesia jadi kadang kala ada provokasi didunia maya. bila ada tolong kasih informasi ya

    ya, insya Allah. makasih kunjungannya ^^

  2. Malasya. tempat kita bercermin dan merenung kembali. bahwa Kita spt Post Power Syndrom. Orang yang Tak bekerja apa2 , Kaget dgn begitu cepatnya orang Lain mampu berdiri disepan kita.

    I Love IPIN n UPIN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s