Murid-Guru dan…Orang Tua


Banyak orang tua yang memberi les tambahan kepada anaknya dengan harapan si anak ilmunya bertambah atau mendapat nilai yang baik di sekolah. Ada juga alasan lain seperti memanfaatkan waktu luang anak agar tidak main game melulu, atau karena orang tuanya super sibuk makanya anaknya di les-in banyak banget.

Saya memiliki murid les, sebutlah namanya Okti. Selain les sama saya (biasanya yang diajarkan matematika dan bahasa Inggris), dia juga ikut kumon (matematika), ecole (les bahasa) dan ngaji di masjid Al-Abrar. Murid SDN Menteng 01 ini terbilang sangat rajin. Jarang saya lihat dia mengeluh. Ketika ditanya cita-citanya apa, dengan mantap dia menjawab: dokter! Bagus sekali Okti! Semoga cita-citanya tercapai ya.

Jadi ingat… Saat kecil saat saya ditanya cita-citanya apa, karena bingung, akan saya jawab: dokter! Seperti tidak ada option lain saja ya ^^.

Terkadang saya menemui kesulitan dalam mengajar. Ada anak yang, saya rasa, sangat tertinggal dalam pelajaran tertentu, dan saya rasa itu benar-benar ketinggalan😦 Tapi kok bisa naik kelas ya? *berpikir kejam* Ah.. kau mengingatkanku dek, saat SMA saya tidak terlalu mengerti apa itu fisika toh nyatanya alhamdulillah naik kelas juga😛

Kembali ke Okti, dia memiliki seorang ibu yang sangat perhatian. Singkatnya, sang ibu tidak hanya membiarkan si anak mendapat les tambahan, lalu urusan sudah selesai. Selalu saja, jika Okti mendapat nilai jelek atau apapun, ibunya akan memberitahu saya. Hubungan mereka berdua pun terlihat akrab. They look like a friend.

Begitulah, kombinasi murid-guru-orang tua sangat bagus bagi kemajuan si anak. Karena orang tualah guru pertama dan utama bagi seorang anak. Yap, orang tua (terdiri dari ayah dan ibu)..😀

One thought on “Murid-Guru dan…Orang Tua

Leave a Reply

