SMK… BISA!!


Belakangan ini terjadi perdebatan sengit antara saya sebagai seorang anak dengan papa dan mama sebagai orang tua (oke, gak selebay ini kok). Ceritanya, adek saya yang kelas 3 SMP insya Allah akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Saya yang merasa pelajaran-pelajaran di SMA tidak terlalu menyiapkan kita untuk menghadapi kehidupan “real” (CMIIW) menyarankan si adek untuk masuk SMK jurusan tata boga. Karena kenapa? Karena jelas… SMK sudah ada penjurusannya seperti tata boga, dll. Lulus SMK pun kalau kreatif bisa buka usaha, kan ya?

Ide ini sempat mengusik pikiran mengenai kurikulum di SMK. Sebagai mahasiswa jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, menjadi hal yang menarik untuk ditelusuri mengenai kurikulum SMK ini ^_^

Back to topic, ada yang bilang kedepannya SMK akan lebih diminati daripada SMA. Well, we will see. Adik saya pun ketika ditanya tertarik atau tidak untuk lanjut ke SMK dianya masih ragu juga karena kakak-kakaknya melanjutkan ke SMA semua. Hm… tidak mudah juga sih merubah suatu “tradisi”. “Masak-memasak bisa dipelajari sendiri”. Ya iya sih, tapi saya pikir ilmu-ilmu lain juga begitu, bisa dipelajari sendiri tapi kita membutuhkan guru dan lingkungan yang mendukung. Ada juga yang bilang kualitas SMK yang (katanya) belum sebagus SMA. Hm… Benarkah? Menurut saya tergantung dilihat dari segi mananya.

Saya harap kedepannya SMK benar-benar akan lebih diminati dan pendidikan di negeri ini bisa lebih baik lagi~

5 thoughts on “SMK… BISA!!

  1. Haik…
    SMK bakal keren kalo jurusane makin banyak en cem-macem!!!
    Asik juga ‘kan kalo ada jurusan Japan Culture.😛 (ngaco)

    bole juga…

  2. sebenarnya dibuatnya SMA dan SMK adalah sebagai dua sistem terpisah dengan tujuannya masing2. Entah sejak kapan pen-deprestasi-an SMK mulai terjadi, mungkin ketika para anak SMK mulai para tawuran (CMIIW)

    anak sma juga pada tawuran ^^ *memanggil sausan*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s