Seminar Kewirausahaan TP ExpoHibition… Mantap!


Kemarin saya mengikuti seminar kewirausahaan dengan tema “Pandangan Dunia Pendidikan terhadap Gagasan Kewirausahaan” yang diselenggarakan oleh mahasiswa Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (mayoritas angkatan 2009). Pembicara dalam acara ini adalah Prof. DR. H. Arief Rachman, Mpd, Ir. Bambang Juwono da I Putu Surya Negara. Saya dengan bersemangat datang ke acara tersebut dengan tergesa-gesa, karena takut telat (acara dimulai jam delapan dan saya kemarin pagi bangun agak telat). Ternyata eh ternyata… Entah sudah merupakan budaya atau bagaimana, saat tiba di tempat jam delapan kurang sepuluh, masih sepii sekali. Baru ada panitia dan beberapa orang dosen. By the way, anyway, busway mana nih peserta yang lain? Gara-gara hal itu, saya prediksikan akan terjadi ritual ngaret yang menyebabkan cadangan semangat yang membara sedikit berkurang.

Sesi pertama diisi oleh Ir. Bambang Juwono, beliau adalah pengusaha dibidang software pembelajaran. Tau pesona edukasi? Yang belum tau bisa kesini. Sebagai seorang teknolog pendidikan, kita ditantang untuk membuat software-software seperti ini. Jika Swiss terkenal dengan produksi jam, Korea rajanya pengembang game, Perancis mengunggulkan fashion, Jepang dengan mobilnya, mengapa Indonesia tidak dengan Education Software? Kita bisa… asal ada komitmen beserta fokus, fokus, dan… fokus.

Prof. DR. H. Arief Rachman, Mpd datang agak telat. Entah mengapa😦 Tapi kedatangan beliau benar-benar telah mengembalikan semangat yang tadinya sempat meredup. Bagaimana tidak? Di usianya yang sudah 60-an beliau masih aktif dan dinamis. Dalam menyampaikan materi juga tidak membuat ngantuk, dapet banget feel-nya, masuk juga materinya. Kalau kata kaskuser: “Mantap Gan!”

Selepas materi yang diberikan Pak Arief, ada waktu ishoma (istirahat sholat makan). Lalu disambung lagi dengan materi yang diisi oleh bapak I Putu Surya Negara. Saat sesi terakhir, panitia memberikan doorprize yang diberikan kepada pak Putu. Maksudnya, pak Putu boleh memberikan pertanyaan atau games kepada peserta. Langsung saja beliau berkata “Yang mau doorprize, maju kedepan!”. Saya lirik peserta lain mengacungkan tangan terlebih dahulu dan berkata “saya-saya!” sambil mengangkat tangan. Tanpa ba-bi-bu lagi langsung saya maju kedepan dan… Yes! Alhamdulillah doorprize tersebut menjadi milik saya😛 Apa maksud dari pak Putu tersebut? Seorang pengusaha harus action, jangan ngomong doang^^

Dapet snack, sertifikat, makan siang, doorprize serta tidak ikut salah satu mata kuliah dengan hanya tiga puluh lima ribu rupiah, overall acara ini: mantap! Doumo Arigatou Gozaimasu m(_ _)m

8 thoughts on “Seminar Kewirausahaan TP ExpoHibition… Mantap!

  1. pertamax!! Mangstab gan. apa tuh dorpresnya?😀

    Seorang pengusaha harus action, jangan ngomong doang

    pin sama mug bertema teknologi pendidikan😀

  2. Assalaamu’alaikum Dida

    Kembali bersilaturahmi setelah saya membaca kembali teman-teman yang pernah mengisi ruang persahabatan di laman saya dan telah lama tidak dikunjungi. Didoakan sihat sejahtera dan terus maju dalam berkongsi ilmu bermanfaat untuk semua.

    Mudahan sentiasa berjaya dalam apa sahaja bidang yang diceburi dan dikendalikan bagi manfaat semua. jika berusaha pasti mendatangkan hasil.

    Salam persahabatan dari Sarikei, Sarawak, MALAYSIA.

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh Bunda🙂

    Amin… Komentar bunda jadi memberikan semangat nih😉

    Salam dari Jakarta, Indonesia

  3. Prof.DR.H. Arief Rahman,MPd
    Beliau idola bunda lho Da
    Bunda sempat berharap beliau bisa menjadi Menteri Pendidikan kita🙂

    Apa khabar Dida Sayang, Bunda kangen🙂
    sekarang tulisannya semakin berbobot, semoga kuliahnya lancar yaa..

    iya.. kenapa Prof ga jadi menteri pendidikan aja ya >.<
    baik2 Bunda, alhamdulillah…. Bunda sendiri bagaimana? Hhe jadi enak ada yang kangen ^^
    amin… makasih doanya😉

  4. Pingback: Terima Kasih Prof. Arief Rachman! « Dida's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s