Cegah dan Deteksi Kanker Serviks


Suatu hari seorang teman pernah mengirim sms yang berbunyi (emang sms bunyi ya? ^^):  “Pencegahan kanker serviks uteri: *habis pipis keringkan dengan handuk/saputangan (jangan dengan tissue karena proses pembuatan tissue sendiri tidak higienis) *ganti cd minimal 2x sehari *ganti pembalut min 2x sehari *hindari makanan/buah yang meningkatkan produksi lendir, seperti: nanas, kol, timun, dsb. *jangan memegang v*gin* dengan tangan kotor *jangan biarkan cd basah/lembab *jangan melakukan sex bebas *lakukan pemeriksaan USG/screening uterus secara rutin. Sebarkan ke semua wanita yang kamu sayang. Selamatkan perempuan!!”

Dari situlah saya merasa perlu untuk mencari tahu tentang kanker serviks ini, karena penyakit ini menyerang wanita dan kedengarannya serem juga >.< Cari sana-sini mengenai kanker serviks, tapi bahasanya “keberatan” jadi gak kuat bacanya😛 Untungnya ada sebuah buku yang ditulis oleh tante Tati (bersama rekannya) berjudul “Cegah Dan Deteksi Kanker Serviks” dengan tebal 171 halaman dan diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.

Buku ini memang tentang kesehatan namun bukan berarti membosankan. Berisi pertanyaan dan jawaban (seperti FAQ). Ditambah gambar-gambar penjelas serta informasi penting lainnya yang terkait.

Sayangnya di buku ini masih terdapat beberapa kesalahan penulisan, yang terkadang bisa membuat bingung pembaca karena maknanya jadi ambigu. Font tulisan juga saya temui ada yang besar sendiri (maaf ya bagi pihak terkait, hanya ingin mengoreksi). Cover buku yang merupakan pasangan lanjut usia tetapi mengapa diambil yang model orang asing? Tak adakah model dalam negeri yang bisa mewakili? Sekali lagi maaf ini hanya masukan dari saya karena beberapa kali saya temui buku buatan anak negeri lebih suka memakai model luar negeri untuk bukunya. Salahkah seperti itu? Jelas tidak.. Karena sebenarnya itu hak mereka dan sah-sah saja ^^

Banyaknya istilah kedokteran yang dipakai terkadang membuat bingung… Ternyata saya masih harus banyak belajar @_@ Terima kasih tante (dan rekannya) untuk menulis buku ini. Sangat bermanfaat pastinya untuk kaum hawa. Saya baru tahu kalau laki-laki juga turut andil dalam menyebarkan penyakit ini.

Sebenarnya ada cara sederhana untuk mencegah kanker serviks, satu diantaranya telah tertulis di sms tadi: jangan melakukan sex bebas/berganti pasangan.  Untuk laki-laki yang belum disunat, sunatlah sebelum terlambat ^^

One thought on “Cegah dan Deteksi Kanker Serviks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s