Surat Untuk Jakarta


Dear Jakarta.
Belakangan ini banyak isu bahwa ibukota negara ini akan dipindahkan. Tentunya aku senang mendengarnya. Dirimu sudah terlalu lama disakiti. Macet, polusi udara serta suara, banjir, kumuhnya lingkungan karena sudah terlalu banyak penduduk. Tinggal tunggu kapan kamu akan koma, kalau keadaannya begini-begini saja.

Banyak orang mencibirmu dihadapanku. Aku, yang sudah hampir dua puluh tahun bersamamu. Mereka tak tahu, tepatnya, belum tahu bahwa semua ini bukan salahmu saja. Mereka mungkin saja juga lupa, bahwa, kau telah memberi mereka tempat untuk mencari penghidupan, untuk belajar.

Aku pun kadang begitu. Baru tersadar saat keadaan sudah runyam. Apa yang bisa kulakukan untukmu? Belum banyak.. Baru sebatas menjaga lingkungan sekitar. Dan sebisa mungkin mengingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Motor pun aku tak pakai, meski dianjurkan orangtua agar tak lagi merepotkan. Kalau aku bisa mengendarai motor lagi, itu berarti dijalanan akan bertambah ramai. Kamu lagi yang kesusahan. Ah… tapi itu sebenarnya alasanku saja sebagai warga negara yang suka beralasan, bahwa sebenarnya aku masih sedikit trauma untuk membawa motor diantara para pengemudi lain yang berwaktu sempit.

Sebenarnya hatiku sakit, mendengar teman-teman menjelek-jelekkanmu. Tambah sakit karena aku mengamini perkataan mereka yang memang sebenar fakta. Aku ingin memiliki kampung halaman yang lebih bersih, lengang dan bersahabat meski katanya sudah zaman modernitas. Apalah arti modern kalau lingkungan menjadi terabaikan.

Tulisan ini hanya pengisi waktu ketika teman-temanku sedang pergi mudik ke kampung halaman.

Hm.. kampung halaman.. Kata-kata yang membuat rindu. Dan aku ingin kau, Jakartaku, bisa menjadi kampung halaman yang kelak akan kurindukan. Bukan tempat yang ingin kujauhi karena penatnya problema disana-sini.

Love You Always,
Dida

3 thoughts on “Surat Untuk Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s