Sudah Lima Karya (atau enam?), Mana Yang Terbaik?


Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, Maryamah Karpov, Dwilogi Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas. Alhamdulillah sudah saya baca semuanya. Andrea Hirata itu penulis yang unik, intelek, humoris dan… baik🙂

Teringat teman saya pernah bilang kalau sifat baik itu relatif. Yah… Memang sih. Tapi setiap manusia pada dasarnya memang baik kan? Urusan sifat jahat memang bakal selalu ada. Namanya juga manusia😀

Dari sekian banyak karya Om Andrea (dan saya berharap si om akan terus menulis), iseng-iseng saya memilih yang paling saya sukai, yaitu:

Ternyata pilihan tetap di novel Sang Pemimpi, saudara-saudara😀

Mau tau alasannya? Pertama, waktu saya membaca novel itu timingnya sangat tepat, yaitu saat pengumuman tes masuk perguruan tinggi dan ternyata saya belum berhasil. Mental saya sangat jatuh saat itu. Sedih. Kecewa. Lalu saya baca novel itu. Hasilnya? Saya menangis di dalam kamar sekuat-kuatnya.

Menangis karena senang dan sedih😀 Perasaan saya dipermainkan. Otak saya dipaksa berjalan. Kekecewaan saya tergantikan dengan semangat membalas dendam. Balas dendam untuk kebaikan, pastinya😉

Benar-benar obat pembangkit semangat pada saat itu. Bahkan filmnya pun belum saya tonton. Karena takut mengubah imajinasi yang sudah ada di kepala. Sampai sekarang pun, memegang novel tersebut masih ada  kesan tersendiri. Novel itu seakan-akan terus menyemangati saya untuk terus melangkah. Menertawakan kesedihan dan dengan bijak berpesan untuk selalu ingat kepada Allah.

Kalau ada alasan pertama harus ada yang kedua ya? Hm… Alasan pertama sudah cukup mewakili😀 #Beralasan

Bagaimana dengan Anda? Novel om Andrea mana yang paling disuka? Bukan berarti novel yang lain jelek. Semuanya bagus. Tapi rasanya ada yang terbagus diantara yang paling bagus.

Banyak pengalaman yang bisa diambil dari pengalaman seseorang. Buku om Andrea layak dibaca🙂

3 thoughts on “Sudah Lima Karya (atau enam?), Mana Yang Terbaik?

Leave a Reply

