Om dan Indonesia


Saya bersyukur bisa mengenal om yang sangat baik, padahal dia bukan orang Indonesia asli atau biasanya orang kita menyebut “bule”. Pernah menjabat sebagai ketua UNICEF untuk Indonesia-Malaysia, om yang memiliki nama Stephen James Woodhouse (biasa saya panggil om steve) ini sudah mengunjungi lebih dari 100 negara. Wajar saja selalu banyak stok cerita jika sedang ngobrol dengan beliau ^^

Siang itu saya sedikit berbincang mengenai kesibukan si om saat ini, yaitu memberi masukan dan strategi apa yang diperlukan untuk departemen pendidikan di Vietnam. Rancangan di bidang pendidikan sudah dibuat sedemikian rupa untuk sepuluh tahun kedepan. Melihat sedikit makalah berbahasa Inggris yang telah dibuat, saya jadi bertanya-tanya, apakah Indonesia juga sudah melakukan hal ini?

Data-data yang ada di makalah sedikit menyinggung mengenai ketimpangan gaji di Vietnam. Ternyata orang berdasi merah disana memiliki gaji tidak berbeda jauh dengan seorang cleaning service. Hal ini berbeda jauh dengan yang ada di Singapura, Malaysia maupun Pakistan. Lagi-lagi saya bertanya, mengapa data tentang Indonesia tidak ada? Akhirnya saya ketahui bahwa sulit untuk mendapat data dari Indonesia. Kesulitan itu berasal dari… yah, semoga anda mengerti ^^

Iseng-iseng saya bertanya mengenai fenomena brain drain, dan ternyata om mungkin akan melakukan hal yang sama dengan para brain drainer: pergi untuk kembali. Om juga menyayangkan peran mahasiswa yang dulu dapat mengguling rezim Soeharto namun sekarang seakan sunyi senyap. Hm.. kalau masalah ini biasanya saya enggan berkomentar, hanya mau memberi link ini.

Terima kasih om, telah memberi saya kesempatan melihat dunia luar, dari sudut pandang yang berbeda. Terima kasih sudah mencintai keramahtamahan bangsa Indonesia, tapi jangan kapok sama banjir Jakarta ya! Hehe..

3 thoughts on “Om dan Indonesia

Leave a Reply

