Ranah 3 Warna


“Uni ngapain ke gramed pagi-pagi?” tanya adik saya yang kedua. Dilayar handphone kakak saya meyakinkan bahwa gramedia depok belum buka pagi-pagi. Biarlah, saya sudah niatkan jauh hari untuk mencari yang first copy. Beruntung papa bersedia menemani.

Tiba di gramed, ramai orang memakai baju hitam bertuliskan “Ranah 3 Warna”. Tim suksesnya banyak juga, pikir saya saat itu. Papa ke lantai atas mencari buku matematika SMP. Saya lanjut dengan kesibukan mencari novel Ranah 3 Warna. Alhamdulillah, dengan sukses buku yang sudah saya tunggu dari tahun kemarin berhasil ditorehkan tanda tangan oleh pengarangnya. Kawan, begitulah salah satu cara mempromosikan buku, dengan acara book signing!😀

Membaca Ranah 3 Warna sama saja membuat saya sengsara menahan kerinduan untuk bisa menginjakkan kaki kembali di ranah minang. Wah, saya ingin menghirup lagi udara segar di Bukittinggi. Terkesima melihat danau Maninjau. Ketakutan dengan anjing liar yang sering berkeliaran di perumahan. Merasa senang saat mendengar uda dan uni berbincang dalam baso minang walau saya tak mengerti apa yang mereka katakan. Ah, indahnya.

Bagi kawan yang sudah membaca novel karangan A. Fuadi yang pertama (Negeri 5 Menara), sila baca novel yang kedua. Di novel ini akan digambarkan bagaimana perjuangan Alif (tokoh utama) dalam meraih impiannya. Bila “Man Jadda Wajada” menjadi “mantra” dalam novel pertama, “Man Shabara Zhafira” lahir untuk melengkapi. Adalah pondok madani (gontor) merupakan tempat merantau alif pertama kali, ada ranah lain yang menjadi tempat untuk menimba ilmu. Apa saja ranah-ranah tersebut? Mengapa cover novel ini terdiri dari sepasang sepatu dan dedaunan maple? Siapakah Raisa? Semua bisa kawan ketahui setelah membaca novel ini.

Man Shabara Zhafira. Siapa yang bersabar, akan beruntung!

2 thoughts on “Ranah 3 Warna

  1. jadi ‘ranah 3 warna’ itu sekuel lanjutan negeri 5 menara?
    hh…saya baca ‘negeri 5 menara’ aja lompat2..
    tapi agaknya tertarik ma buku ini, berkat ulasan singkat dida..
    mungkin juga karena ada setting ranah minang ya?
    hhee
    jfs😀

    iya, ini lanjutan N5M mbak ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s