@america


Sepulang dari pusat kebudayaan Amerika kemarin malam, badan rasanya capek banget. Maklum pergi pagi pulang malam, naik busway juga desak-desakan. Waduh bapak Fauzi, tolong kami! Pagi dan sore sampai malam (jam pulang kerja) TransJakarta selalu padat penumpang. Jalur busway juga masih dipakai kendaraan pribadi (jalur Semanggi). TransJakarta belum menjadi kendaraan yang aman untuk anak SD. Karena akan ada seremonial desak-desakan bila penumpang membludak.

Kembali ke topik..

Kemarin di Pacific Place ada diskusi mengenai “Meaningful Broadband” dengan bapak Ilham Habibie dan Mr. Craig (Digital Divide Institute) sebagai pembicara. Selain masyarakat umum, beberapa mahasiswa juga diundang antara lain dari UNJ, ITI dan kalau tidak salah dari Budi Luhur. Acara diskusi seperti ini sering diadakan @america dan siapapun boleh datang. Gratis. Bagi yang sudah menjadi anggota bisa meminjam iPad dan, bisa mencoba pernak-pernik teknologi lain disana.

Ilham: The cell phone gap is closing but the broadband gap is widening…only about 2,5% of consumers and 10% enterprise have broadband.

Dari apa yang sudah saya dengar dan lihat… Mungkin perkembangan teknologi di Indonesia belum secanggih dengan apa yang ada di Korea Selatan atau Singapura, misalnya. Namun pasti ada dua sisi di setiap wajah. Banyak manfaat dari teknologi, tak sedikit pula efek negatif yang dibawa.

Sebenarnya, Amerika di mata saya

Sebelum berangkat ke acara sudah ada rasa was-was. Hah? Amerika? Negara yang namanya selalu tersebut bila negara lain punya urusan. Masyarakatnya plural. Beragam. Mungkin karena pengaruh media juga, pokoknya sampai detik ini jadi memiliki kesan: warganya baik, pemerintahannya yang…. Hm…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s