Tentang Rasa Bangga


Pernah saya bertanya ke beberapa teman kampus, “Sebenarnya, mau masuk (universitas) mana?”. Jawaban yang datang beragam, tetapi kebanyakan tertuju ke kampus yang namanya sudah tak asing ditelinga. Saya bertanya demikian juga bukan tanpa sebab. Karena UNJ adalah pilihan ketiga saat mendaftar masuk ke perguruan tinggi, bagaimana dengan teman-teman yang lain? Apakah kampus ini adalah pilihan pertama mereka?

Pilihan jurusan teknologi pendidikan pun bukan menempati urutan pertama. Saya dan teman-teman sama sekali tidak tahu apa itu teknologi pendidikan. Tetapi seiring berjalannya waktu, kami sedikit demi sedikit mulai mengerti tentang ilmu yang boleh dikatakan berasal dari Amerika ini. Lagi-lagi Amerika =.=

Dan ketika angkatan 2010 datang, ada suatu keanehan. Mereka membawa jaket almamater pada hari tertentu. Lalu saya tanyakan hal ini pada teman, ternyata itu adalah peraturan baru. Peraturan yang mengharuskan mahasiswa baru untuk memakai almamater saat kuliah. Aduh, kasihannnya mereka.

Dosen saya pun pernah menjelaskan, bahwa peraturan itu dibuat agar mahasiswa UNJ bangga dengan kampusnya. Bahwa sebagai kampus pendidikan, output yang ada juga diharapkan mencerminkan lulusan UNJ. Dari situ saya menangkap, kampus ini seperti kehilangan jati diri.

Jika orang bertanya dimana saya kuliah, tanggapan yang ada pun beragam. Misalnya, “Oh.. di UNJ ya? Jadi guru dong?”. Bahkan ada yang seperti ini, “UNJ? Dimana tuh?”. Alamak… Padahal yang bertanya tinggal di Jakarta!

Saya langsung bilang, “UNJ itu yang dulunya IKIP”. Maka langsung orang itu mengangguk tanda mengerti.

Melihat kejadian ini rasanya seperti melihat bangsa Indonesia (termasuk saya) yang terkadang masih suka menggerutui negeri sendiri. Kalau saja orang Indonesia menerima dengan hati lapang bahwa setiap negara pasti punya masalah, lalu fokus kepada kelebihan, bukan kekurangan, rasanya keadaan bisa lebih baik.

FYI, masih ada lho.. Mahasiswa UNJ yang tidak memilih jalur kependidikan dengan alasan karena tidak mau menjadi guru. Yah, hidup ini memang menawarkan banyak pilihan, ya..

8 thoughts on “Tentang Rasa Bangga

  1. hauh..hauuh.. dalem..😄
    ada gitu da, yang diwajibin pake alma pas nguli??
    kalo kuliah apah??

    awal2 kuliah ada khusus utk angkatan 2010, tapi sekarang peraturan tinggalah peraturan

  2. hihi, sama ukh, meski bukan pilihan pertama, tapi cukup bisa banyak belajar tentang dunia pendidikan lewat jurusan TP ini. Khususnya tentang seluk beluk belajar dan pembelajaran. Tetap semangat, dan semoga kita bisa mengambil manfaat dari Teknologi Pendidikan untuk kehidupan hari ini dan mendatang! : D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s