Sekolah Rumah


Sekolah rumah atau homeschooling  ternyata menarik juga ya. Di Indonesia pun sekolah rumah sudah berkembang. Mengambil contoh adalah homeschooling berkemas, homeschooling kak seto, sunni homeschooling, morning star academy, dan masih banyak lagi sekolah rumah lainnya.

Blogger dari Kanada yang blognya sering saya kunjungi juga menerapkan homeschooling.

Fenomena homeschooling ini tumbuh karena beragam alasan, salah satunya karena orang tua belum puas dengan sistem pendidikan yang telah ada, “Satu kelas isinya 40 orang. Satu guru yang mengawas. Mau dibawa kemana anak saya?”. Alasan lain adalah, kenyataan bahwa sekolah malah membuat siswa tidak bergairah dalam belajar. Terlalu banyak tugas, terlalu banyak mata pelajaran, sehingga anak yang kecilnya ceria menjadi cenderung pendiam ketika beranjak dewasa.

Mengutip dari majalah Readers Digest edisi Juli 2010:

“Budaya homeschooling juga akan meningkat karena hal itu –Anda dapat menyusun sendiri pelajaran untuk si anak. Sementara itu, karena kita juga tidak ingin komputer mengambil seluruh peran mengajarkan semua pelajaran, kita akan memberikan lebih banyak proyek dan tugas kelompok. Akan semakin banyak murid yang terjun ke masyarakat untuk belajar langsung tentang bisnis dari pelaku bisnis. Dan akan semakin banyak tenaga pengajar yang berfungsi sebagai mentor.” David Kelley, pendiri perusahaan desain IDEO dan Design  School Stanford.

Melakukan homeschooling merupakan sebuah pilihan. Homeschooling atau tidak pun, kalau orang tua pada dasarnya peduli dengan pendidikan anaknya, rasanya belajar di sekolah formal juga bukan pilihan buruk. What do you think?

Adalah Ki Hajar Dewantara, Buya Hamka, Thomas Alfa Edison dan Benyamin Franklin sosok homeschooling yang pernah ada (Homeschooling- A Leap for Better Learning).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s