Munajat


Oleh: Buya Hamka

Sudah kudengar segala seruan yang disampaikan kepadaku, maka timbullah minat dalam hatiku hendak mengerjakan seruanMu, perintah untuk kebahagiaanku.

Aku mengaku bahwa semuanya untuk kemashlahatanku dan kesucianku. Tetapi kelemahanku selalu mendorongku ke jalan yang tidak Engkau sukai. Tuhanku, dosa yang aku kerjakan, amatlah kecil bila dibandingkan dengan besarnya ampunanMu.

Kalau Tuhan hendak mencelakakanku, gelap jalan yang aku tempuh, dan tak seorangpun yang kuat kuasa mempertahankan aku. kalau Tuhan hendak memberi aku malu, maka terbukalah rahasiaku, walau bagaimana aku menyembunyikannya. Karena itu, ya Tuhanku, sempurnakan awal hikmatMu sampai keujungnya, dan jangan Tuhan cabut apa yang telah diberikan.

Ya Tuhan yang telah memberi aku pakaian cinta, yang selamannya tiada luntur dan usang.

Tuhan yang menjaga aku di dalam perjalanan dan dalam diam, berilah aku cahaya meski secercah dari CahayaMu. Dengan ingat akan Engkau, oh Tuhanku, aku beroleh nikmat. Orang yang berjalan di luar garisMu, tersesat dan terpencil.

Aku yakin keluasan IlmuMu, Engkau tahu apa yang tersimpan di hatiku. Ilahi, amat banyak kesalahanku, aku sia-siakan dan lalai, padahal anugerahMu meliputi diriku.

Aku sembunyikan dosaku dari mata makhluk, padahal Engkau selalu melihat dan memperhatikannya. Dalam pada itu, Tuhan sedia pula mengampuni. Demi kebesaranMu, sejahat-jahat makhlukMu, tidak ada yang tak merasa jahat kejahatannya yang dikerjakannya. Tetapi dia lemah dan dungu, sebab itu Engkau ampuni dia.

Aku ini dungu wahai Tuhan, ampuni aku.

Kalau kulihat berlipatnya nikmat, aku heran mengapa aku sesat. Bagaimana aku begitu berani mengharap ridhaMu padahal aku masih tetap aku.

Dan bagaimana aku takkan mengharap (ridhaMu), padahal Engkau masih tetap Engkau.

One thought on “Munajat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s