Jeruk Bali


Beberapa hari yang lalu, aku membeli jeruk bali di abang-abang di pinggir jalan. Buah itu dijual bersama dengan telur puyuh, tahu, dan manisan. Harganya dua ribuan saja. Jeruk Bali ini memiliki kesan tersendiri dalam hidupku.

Pertama, ketika naik kopaja dari Blok M ada seorang ibu-ibu yang sudah berumur duduk di sebelahku. Beliau dengan ramahnya menawarkan Jeruk Bali yang juga dibeli di abang-abang. Kami mengobrol cukup panjang. Tentang pendidikan, pernikahan, bangsa Indonesia, dan Tuhan. Ups.. semoga tidak terdengar lebay. Tapi aku menikmati saat-saat beliau bercerita. Ternyata ia adalah seorang traveler. Pantas saja sering beliau memulai perbincangan dengan kalimat “kalau di luar negeri…” sambil mengunyah Jeruk Bali.

Kedua, ketika sedang naik angkot. Hari itu udara panas. Sang sopir tak berminat menginjak gas agar mobil berjalan. Satu orang, dua orang, akhirnya ada juga yang memenuhi angkot hingga sang sopir akhirnya mau menjalankan mobil. Tak lama kemudian ibu-ibu disampingku menawarkan Jeruk Bali. Lagi-lagi dengan tampilan yang sama yaitu Jeruk Bali dua ribuan yang dibeli di abang-abang. Aku menolak dengan halus. Tapi bapak-bapak yang juga ditawarkan menerima dengan senang hati.

Ya.. itulah orang Indonesia yang terkenal dengan instant friendship. Orangnya ramah-ramah dan mudah berteman. Buktikanlah sendiri dengan Jeruk Bali :p

2 thoughts on “Jeruk Bali

  1. Orang Indonesia, dan orang Asia Tenggara pada umumnya memang ramah-ramah🙂.
    Tapi ke mana pun kita melangkahkan kaki, pasti ada cerita unik tersendiri selama kita membuka diri.
    Ini sekolah kehidupan, kita mendapat pelajaran melalui persentuhan panca indera dan hati dengan dunia nyata🙂.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s