Bersahabat dengan Orang Tua (Bersama Orang Tua di Usia Senja)


Buku ini kutemukan di rak buku Gramedia Matraman tepatnya di bagian buku-buku Islami. Karena yang dibahas sesuai dengan suasana hati, jadilah buku itu akhirnya kubeli. Keadaan orang tua, nenek, dan tante-om ku yang perlahan-lahan menua membuatku merasa butuh membaca buku itu.

Ada sebagian anak yang tidak peduli dengan orang tuanya ketika mereka menginjak usia senja. Ada juga yang merasa frustasi ketika merawat orang tua, disebabkan keinginan orang tua yang beraneka ragam, sehingga harus banyak-banyak bersabar. Keinginan orang tua yang beraneka ragam muncul karena mereka merasakan sunnatullah kehidupan. Seperti bunga yang pada akhirnya akan layu, kondisi orang tua juga begitu. Perubahan-perubahan fisik, psikologi, sosial dan ekonomi inilah yang membuat sikap orang tua seakan-akan berubah.

Penyakit-penyakit yang pada umumnya diderita orang tua di usia senja, bagaimana cara merawat orang tua, serta kisah-kisah pada zaman Rasulullah dan zaman sekarang mengenai berbakti kepada orang tua dibahas dalam buku ini. Mungkin kalau mau rajin googling, bisa saja kita mencari sendiri mengenai ragam penyakit, cara merawat orang tua, dan sebagainya. Tapi poin plus dari buku ini, selain diselipkan kisah nyata pengalaman merawat orang tua dari berbagai keluarga, bahasanya itu enak dibaca. Mengalir bagai air.

Kalau dilihat, di negeri ini masih banyak keluarga yang mau mengurus orang tuanya sendiri (tidak dititipkan di panti jompo). Alhamdulillah..

2 thoughts on “Bersahabat dengan Orang Tua (Bersama Orang Tua di Usia Senja)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s