Sarjana Pendidikan


Alhamdulillah, bulan maret yang lalu aku telah di wisuda dan meraih gelar S.Pd (Sarjana Pendidikan). Apalah artinya gelar kalau tak bisa mengamalkan ilmu yang didapat.. ^^ Sekitar 4,5 tahun aku menghabiskan waktu untuk mempelajari ilmu Teknologi Pendidikan (TP). Suatu bidang ilmu yang belum pernah kudengar sebelumnya. Sekarang sudah mengerti sedikit alhamdulillah😀

Sebelum mulai mengerjakan skripsi, aku sudah punya persiapan beberapa judul yang ingin kuajukan ke dosen pembimbing. Seiring berjalannya waktu, tak ada satupun dari judul itu yang akhirnya kuajukan. Ternyata pengetahuanku tentang skripsi di bidang TP masih sedikit. Namun ada alasan lain mengapa aku tidak mengajukan judul tersebut, yaitu hamil.

Karena hamil, aku berusaha untuk menahan diri. Sebenarnya aku merasa bisa membuat skripsi yang lebih bagus dari skripsi yang telah kubuat. Namun kalau aku ngotot, konsekuensinya adalah waktu membuat skripsi menjadi lebih lama. Sedangkan kakakku menasehati agar merampungkan skripsi sebelum dede bayi lahir. Kalau bayi sudah lahir, sebagai ibu baru pasti akan merasa repot. Ditambah skripsi bisa-bisa stres sebagai ibu baru. Kalau stres nanti ASI nya susah keluar.

Akhirnya setelah berdamai dengan diri sendiri aku memilih judul yang relatif mudah. Meski dalam hati masih terasa sedih. Tapi setelah dede bayi lahir barulah aku merasakan kerepotan itu. Apalagi aku tak ada asisten pribadi alias bekerja sendiri. Mama papa bekerja. Adik-adik sibuk belajar. Malah jadi bersyukur skripsi sudah selesai sebelum melahirkan🙂 Yang aku pelajari dari pengalaman ini adalah adanya rasa penerimaan. Menerima dengan hati lapang bahwa tidak semua yang kita inginkan pasti dapat tercapai. Belajar berkorban untuk orang lain yaitu anakku sendiri. Karena pasti ketika aku tua nanti (kalau ada jatah umur), dia yang akan direpotkan dengan segala perbuatanku yang mungkin bakal terserang pikun. Kalau saat ini saja aku tidak menanam cinta padanya, bagaimana mungkin dia mau merawatku nanti?

Sudah dulu ya.. Mau lanjut nyuci…😀

(Jagakarsa, 22-April-2014)

5 thoughts on “Sarjana Pendidikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s