Pengalaman: Operasi Gigi Geraham Bungsu


Kemarin, aku ditemani suami pergi ke RSCM untuk operasi gigi geraham bungsu. Kalau pergi ke RSCM mungkin enaknya ditemani ya… Karena ngantrinya harus ekstra sabar. Kalau ada yang nemenin kan enak ada yang diajak ngobrol😉

Aku mulai sadar kalau gigi gerahamku yang paling belakang di bagian kanan itu bermasalah ketika beberapa hari sebelum menikah. Saakiit banget rasanya mulutku saat itu. Kuperiksa di puskesmas dulu, baru dirujuk ke rumah sakit. Dari hasil rontgen di puskesmas, ternyata gerahamku itu tumbuhnya miring, menabrak gigi geraham yang depan. Pantas aja sampai pusing-pusing aku dibuatnya.

Biaya untuk operasi ini kalau tidak pakai asuransi adalah Rp 965.000,- ditambah obatnya Rp 150.000,- Awalnya, aku bimbang mau operasi dimana, dokter di RSCM nya aja membujukku untuk operasi di RS FKG UI karena biayanya lebih terjangkau. Tapi karena mamaku kurang “sreg” kalau di FKG (khawatir yang ngerjain mahasiswa, belum pengalaman), yasudah.. di RSCM aja.

Dokter yang mengoperasiku laki-laki, bukan perempuan. Karena memang nggak bisa milih-milih dokter disana. Pernah baca di beberapa blog, kalau dokternya laki-laki lebih kuat untuk mencabut giginya. Si dokter ketika mengoperasiku juga sambil siul-siul. Mungkin biar si pasiennya nggak tegang kali ya🙂

Pertama-tama saat operasi, jangan lupa baca doa ya. Habis itu aku  ditutup matanya dengan kain, disuntik gusinya biar kebal (mati rasa) dan seterusnya dokter dan co ass nya mulai bermain-main dengan gigiku. Kurang dari satu jam operasinya sudah selesai. Obat biusnya masih bertahan sampai kira-kira satu jam kedepan. Ketika efek biusnya hilang, mulai deh terasa sakitnya.

Biar nggak kesakitan terus-terusan, aku ingin minum obat, tapi sebelumnya harus makan dulu. Aku makan bubur ayam dibeliin masayang (suamiku). Pilihan makanan lain adalah super bubur, yoghurt dan energen (maaf sebut merek). Mau mingkem aja susah, jadi makan makanan yang cair-cair aja dulu.

Seminggu lagi aku harus balik ke RSCM untuk buka jahitan. Moga aja berjalan lancar🙂

 

 

 

34 thoughts on “Pengalaman: Operasi Gigi Geraham Bungsu

  1. Aku juga mau operasi gigi bungsu… Tapi di tempat aku konsultasi kemari sama dokter bedah mulut, satu gigi dua juta…😥

    Kira-kira berapa lama lukanya sembuh ? apa sakit banget ? obat apa aja yang dikasih?

    • kalo dua juta, setauku itu harga “normal” di klinik gigi.
      hm… 2 minggu ga terlalu sakit lagi. sampai sebulan lah sembuhnya…
      pasca operasi lumayan sakit.
      nama obatnya aku lupa, yang pasti nanti pakai obat kumur betadine ^^

  2. hallo salam kenal…
    wah saya niatnya juga mau operasi si bungsu nh, soalnya si bungsu juga udah bolong pula, padahal udah di tambel (tambelan sementara) tapi setiap habis makan hadeh, pasti sakit luar binasaaa…
    tapi setelah tanya dokternya biaya sekitar 2 s/d 3.5an waduh, saya jadi mikir2 hehe, tapi mau gak mau harus di operasi nh gigi, dari pada nyiksa mulu

  3. Salam kenal kak, saya jg mau operasi nih tapi saya takuttt, kalo masih sakit bagaimana? Bs dicabut atau tidak? Soalnya beberapa hari ini sakit banget

    • salam kenal kembali.. waktu aku mau di operasi, dokternya nanya, masih sakit nggak rasanya? kalau udah enggak baru bisa di operasi🙂

  4. Salam kenal mbak dalila, sebelumnya terima kasih sudah berbagi, istri saya mengalami hal serupa di atas. Rencananya mau operasi gigi geraham bungsu, hampir tiap malam nahan sakit dan pusing, gak tega banget. Rencana mau ke RSCM juga, bisa diinfokan jalurnya bagaiamana, maklum kami gak pernah kesana sebelumnya dan blank, apalagi ini tanpa jaminan asuransi alias mandiri biayanya. Mohon kiranya mbak dalila bisa berbagi pengalaman, saat operasi di RSCM, terutama jalur-jalurnya. Sebelumya terima kasih banyak atas info dan bantuannya.

    • kalau bapak belum pernah berobat kesana, daftar dulu jadi pasien baru. biayanya kalau nggak salah 60 ribu (maaf saya agak lupa). sebelum di operasi akan diperiksa dulu sama dokternya, ditanya-tanya dan diperiksa giginya. habis itu baru dibicarakan kesepakatan tanggal operasinya..

  5. Hi salam kenal
    Ikutan nimbrung karna sama topiknya.
    Sy lusa akan operasi kecil pencabutan gigi graham bungsu karna berlubang dan tumbuhnya miring.tertutup gusi.di klinik dokter gihi.oleh dr bedah dari jakarta yg biayanya 1.5jt-2.5jt jika mudah.jika susah bs bertambah 1jt lg.saat ini tdk sakit gigi.hanya berlubang dan repot setiap abis makan harus pake tusuk gigi bersihkan sisa makanan.semoga lancar.

    Salam

    Tandra

  6. salam kenal mba dalila sebelumnya. saya rencana dari setahun lalu ingin operasi gigi bungsu. ini disarankan sama dokter gigi saya. saya mau tanya kalo boleh tau nama dokter yg mengoperasi gigi mba siapa ya? dan prakteknya jam brapa dan hari apa? soalnya klo di klinik gigi saya lumayan mahal 1,5-2jt sedangkan yg harus di operasi kiri dan kanan kan lumayan bgt biayanya. mohon info nya ya mba. terimakasih sebelumnya..

  7. Assalamualikun mba,bolehkan saya nanya harga totalan hasil operasi gigi bungsu di rscm serta nama lengkap dokternya terimakasih:D

    • waalaykumsalam… di postingan atas udah harga total saat operasi nya. sebelum operasi ada rontgen di lab, dsb memang belum saya sebutkan ^^ saya agak lupa nama dokternya mbak. maaf ya…

  8. Salam kenal mba dalila,
    semalam aku ke rs dekat rumah ku, aku tanya biaya operasi gigi bungsu + 1gigi lainnya harganya sampai 10jt itu pun yang kls 3 dan belum termasuk biaya sewa alat bor, jika boleh tau mba operasi di rscm mana yah?
    thx🙂

  9. [JUST SHARE]
    berhubung lagi males di blog aq… jadi mampir ªjª ソソªªªª hehehehe….
    Kasus writer sama dengan saya…. untuk harga….
    ª∂a̲̅ ყåήб lebih terjangkau dan berkualitas (ketika saya berobat) di Drg. Ny Hasnidar sudah praktek di rumahnya situ sejak tahun 80an atau anaknya Drg. Iman syah lulusan S2 NUS (National University of Singapore)….
    prakteknya pas depan Alfa Express Condet…. total habis 1jt plus obat….
    saya bayarnya debit BCA….hehehe…
    atau second prakteknya di Graha Cibinong….
    sebelumnya mau saya bawa ke dokter bedah mulut karena casenya sudah operasi… dan hanya ª∂a̲̅ di RS ყåήб besar… contoh Sen**a M*d*ka
    daftar 125rb trus nanya2 assistennya…. bilang siapin ªjª biayanya 2-3,5 jt belum obat langsung kabur saya….
    #realmystorytonight

    • Maaf mas, bisa minta nomor contactx graha cibinong nggak? Oya biaya operasi gigi bungsu yg invaksi berapa ya? Slx geraham bungsu sy invaksi kanan kiri bawah n rencana mau operasi cm biayanya ktx 3,5jt mkx cari yg agak murahan gitu, mkasih sblumx

  10. mbak aku juga punya kasus sama, tapi gigi bungsu yg tumbuh ada 3, dua dibah dan 1 di kanan atas, yg mau saya tanyakan biaya operasi itu utk cabut 1 gigi atau gmna??

  11. Dear Mba Dalila,

    saya juga mau cabut nih.. tapi parno.. itu RSCM mana ya mba ? mau kesitu saya karena liat blog.. ud mulai ga enak ini gigi bungsu, saya uda punya hasil rontgen gigi waktu gigi bungsu dl di cabut 1, masih ada 3 nih.. kalau kira2 membawa hasil rontgen itu apa bisa d eksekusi di tempat ya ? kalau harus balik lagi repot ga tahan sakitnyooo..

    • RSCM di Jakarta Pusat, deket UI Salemba mas. Biasanya dipelajari dulu hasil rontgennya, buat perjanjian kapan bisa dioperasi karena ngantri.. yg mau operasi cukup banyak.

  12. Mau bagi info mas/mbak, akhir tahun 2013, saya operasi gigi geraham bungsu yg infaksi alias tumbuh miring/horizontal dan mendesak gigi geraham di depanya serta tertutup di dalam gusi alias g nongol. Saya konsul di RSCM Klinik Gigi dan Mulut, setrlah saya sampai di Klinik Gigi dan Mulut, suster bikin status ditanyainlah aku keluhan apa? Giginya gimana? Pernah sakit gigi ga? Cara nyikat gigi gimana dan berapa kali? Bla bla bla gitu sambil ngecek tensi darahku. kebetulan saya dulu ga ada foto rongsen gigi jadi saya foto di situ habis Rp 125.000, setelah ada foto saya disuruh nunggu diluar alias ngantri nunggu dipanggil masuk ke ruang bedah mulut. Akhirnya saya dipanggil, dokter dan suster ngecek susunan gigiku dan aku dikasih jadwal operasi minggu depan krn schedule operasi gigi lagi penuh. Tanpa pikir panjang dan nanya skhirnya aku mengkensel krn aku cuna punya sedikit waktu krn minggu depan keluar kota. Terus aku disuruh bayar ke kasir untuk konsultasi Rp 60.000 doank
    Krn di RSCM ga bisa langsung operasi saat itu juga dan aku putuskan ke RS Pasar Rebo. Alhasil di RS Pasar Rebo bisa langsung operasi tapi harus daftar jam 2 siang. Saat itu yang mau operasi banyak dan hanya ada satu dokter dan suster yg praktek. Setelah lama menunggu tanpa basa-basi dokter dan suster langsung memberi biys lokal dan mendongkrak, mengenor, mencungkil gigi infaksiku selama sejaman lebih dan habis Rp 1.250.000 dengan obat cunan amoksilin penghilang nyeri dng harga terjangkau.
    Begitu pengalamanku semoga bisa berbagi info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s